Kabar Jatim

Tahu Tek dan Petis dalam Khazanah Kuliner Jawa Timur

Indrajatim.com | Surabaya – Lontong, tahu goreng setengah matang, kentang rebus, dan telur dadar dipotong menjadi bagian kecil-kecil dengan menggunakan gunting. Suara “tek, tek, tek, tek, tek” terdengar berirama dan bertempo cepat. Konon, dari hasil bunyi itulah menu makanan khas Jawa Timur tersebut akrab disebut dengan nama “Tahu Tek”.

Disajikan dengan pelengkap irisan ketimun dan tauge yang kemudian disiram bumbu olahan kacang dan petis, serta tambahan kerupuk udang, tahu tek menjadi salah satu kuliner yang wajib dicoba saat berkunjung ke wilayah Sidoarjo, Surabaya, Gresik, hingga Madura.

Uniknya, masing-masing daerah tersebut memiliki khazanah yang khas dalam menciptakan kelezatah menu tahu tek. Hal ini dipengaruhi oleh cita rasa petis yang berbeda di tiap-tiap wilayah.

Melansir dari Seri Budaya Kuliner: Madura dan Petis dari Penebit Buku Kompas (2019), sepiring tahu tek merupakan “arena” bersilangnya ragam budaya kuliner yang berkaitan antar-daerah.

Petis menjadi bumbu yang lekat dengan budaya santap masyarakat Madura, begitu pula di Gresik, Sidoarjo, dan Surabaya yang sama-sama menggunakan petis sebagai bahan penyedap rasa pada menu makanannya.

Namun, terdapat perbedaan yang mendasar antara kedua olahan bumbu tersebut, jika masyarakat Madura identik dengan petis ikan. Sementara orang Gresik, Sidoarjo, dan Surabaya lekat dengan petis udang.

Jika ditarik ke bentuk akulturasi budaya, sebetulnya ragam petis mudah ditemukan di wilayah Indonesia yang menjadi wilayah pemukiman peranakan Tionghoa. Cirebon, misalnya. Namun bedanya, penduduk Jawa Timur lebih banyak menjadikan petis sebagai penyedap utama masakan mereka, salah satunya adalah tahu tek.

Tahu tek memiliki rasa yang gurih dan pedas, rasa tersebut dihasilkan dari perpaduan bumbu antara petis, kacang goreng, bawang putih, cabai, dan air yang diuleg menjadi satu. Pembuatan saus pada tahu tek memang lebih diutamakan dengan cara diuleg untuk mendapatkan rasa dan tekstur yang pas. (Canty Nadya P/Azt)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button