Pantura

Kusnadi Ajak Pelaku Usaha dan Seniman untuk Daftarkan Karya Hak Intelektual

Indrajatim.com – Gresik: Ketua DPRD Jawa Timur Kusnadi, mendukung para pelaku usaha dan seniman untuk mendaftar Hak Kekayaaan Intelektual (HAKI) sebagai bentuk perlindungan hukum terhadap pencipta atau karya ciptanya. Hal tersebut ia sampaikan pada kegiatan Penguatan Pelayanan Publik Kekayaan Intelektual dalam Rangka Peningkatan Kualitas Pelayanan Kekayaan Intelektual, Gresik, Kamis (10/11) pagi.

Bersama Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) melalui Dirjen Kekayaan Intelektual, di hadapan 750 pelaku UMKM, pelaku usaha kreatif dan seniman, Kusnadi mengatakan bahwa setiap karya yang mereka ciptakan dapat didaftarkan sebagai hak intelektual.

“Masyarakat yang menciptakan kreasi maupun usaha dapat dengan mudah untuk didaftarkan sebagai hak intelektual. Sehingga ini sebagai wujud perlindungan setiap usaha dan kreatifitas yang telah diciptakan,” kata Kusnadi.

Selain sebagai bentuk perlindungan karya, kreasi yang diciptakan oleh setiap pelaku usaha dapat meningkatkan nilai ekonomi masyarakat daerah ke depannya.

“Kalau bapak ibu punya produk, seniman punya karya dan anak muda di sini memiliki ciptaan nanti tidak akan diklaim begitu saja oleh pihak tertentu. Kalaupun pihak tertentu akan mengembangkan maka hak intelektual pencipta akan melekat yang imbasnya juga akan mendapatkan royalty,” imbuhnya.

Kusnadi menambahkan, Kemenkumham akan turut memasarkan setiap produk para pelaku usaha yang telah terdaftar sebagai hak intelektual melalui e-katalog.

Ketua DPRD Kusnadi menerima penghargaan dari PLT Dirjen kekayaan intelektual (Foto/Indra)

Masyarakat dapat mengatahui informasi pendaftaran hak cipta atas usaha dan produk atau karya seni dengan mudah melalui website serta media sosial resmi Kemenkumham.

Dalam kesempatan yang sama, Kusnadi juga menerima penghargaan sebagai tokoh yang memiliki kepedulian dan ikut berperan serta dalam pengembangan Kekayaan Intelektual di Pronvinsi Jawa Timur.

“Mari bersama-sama membangun kesadaran dan sekaligus menggaungkan tentang pentingnya serta manfaat mendaftarkan hal-hal yang berkaitan dengan kreasi maupun karya intelektual yang telah dihasilkan,” pungkasnya. (Izzatun Najibah)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button