logo
- Sponsored Ad - Advertisement

Kemeriahan Malam Puncak Festival Gubernur Suryo

  • 20-11-2022

Indrajatim.com – Magetan: Ribuan masyarakat memadati area GOR Ki Mageti saat malam puncak Festival Gubernur Suryo pada Sabtu (19/11). Hadir Ketua DPRD Jawa Timur Kusnadi. Ia mengatakan, dari Gubernur Suryo Kabupaten Magetan memiliki sumbangsih besar dalam pembangunan Provinsi Jawa Timur.

“Kabupaten Magetan sudah memberikan satu sumbangsih yang sangat besar kepada pemerintah Provinsi Jawa Timur. Kabupaten Magetan sudah menyumbangkan putra terbaiknya, Gubernur Suryo yang menjadi gubernur pertama Jawa Timur, terima kasih,” kata Kusnadi melalui sambutannya, Sabtu (19/11) malam.

Sebagaimana diketahui, Raden Mas Tumenggung Ario Soerjo atau Gubernur Suryo merupakan pemimpin pertama dalam deretan gubernur Provinsi Jawa Timur. Masa kepimpinannya dimulai pada 1945 sampai 1948.

“Karena perjuangan beliau sebelum kemerdekaan Republik Indonesia sampai merdeka, maka lahirnya 10 November sebagai Hari Pahlawan yang selalu kita peringati secara bersama-sama. Begitu juga pemindahan Gubernur Suryo dari Bojonegoro ke Surabaya menjadi momen lahirnya Pronvinsi Jawa Timur,” ujarnya.

Baca Juga : Nama Jalan menjadi Simbol Kota

Diadakan selama sepekan, Festival Gubernur Suryo dimulai sejak tanggal 11 November 2022 dengan serangkaian kegiata. Mulai dari ziarah dan tabur bunga makam Gubernur Suryo, sarasehan budaya, lokal musik show Sumberdodol, Visual Art, pasar rakyat, lomba-lomba kesenian hingga konser di malam puncak.

Digelarnya pasar rakyat juga bertujuan untuk memperkenalkan produk UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) milik masyarakat Kabupaten Magetan. Sehingga Pekan Budaya Festival Gubernur Suryo juga dapat meningkatkan pendapatan perekonomian daerah.

“Selain sebagai peringatan untuk Gubernur Suryo, sejak tanggal 13 sampai hari ini mengadakan parade budaya dan juga menampilkan semua produk-produk UMKM untuk diperkenalkan kepada seluruh masyarakat,” ungkap Kusnadi.

Menghadirkan Cak Kartolo CS ketika malam puncak Festival Gubernur Suryo cukup sukses membuat tawa riang gembira ratusan penonton. Selain itu, penampilan bocah cilik yang terkenal dengan tembang Ojok Dibanding-bandingke, Farel Prayoga membuat acara tersebut semakin meriah.

Dalam kesempatan ini, Pemprov Jawa Timur memberikan penghargaan Anugerah Soerjo kepada para seniman Jawa Timur. Penghargaan tersebut diberikan sebagai wujud apreasiasi atas dedikasi turut serta melestarikan budaya dalam karya seni, sastra, kebudayaan, dan literasi.

Wujud apreasiasi tersebut diberikan kepada maestro campur sari Almarhum Didi Kempot dan Tari Kethek Ogleng dari Kabupaten Pacitan yang diciptakan oleh Sutiman.

Kusnadi menyebutkan bahwa event Festival Gubernur Suryo akan menjadi agenda tahunan DPRD dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. (Izzatun Najibah)

Baca Juga : Garis Tipis Kewarasan Dan Kegilaan dalam Monolog “Terlambat Jeda” Jedink Alexander


- Sponsored Ad - Advertisement

Press ESC to close