logo
- Sponsored Ad - Advertisement

Ketua DPRD Jatim Kusnadi Ucapkan Belangsungkawa atas Insiden di Stadion Kanjuruhan

  • 03-10-2022

Indrajatim.com – Malang: Kericuhan yang terjadi paska kekalahan Arema FC melawan Persebaya dengan skor 2-3 menimbulkan ratusan korban jiwa. Ketua DPRD Jawa Timur Kusnadi mengungkapkan belasungkawa atas insiden tersebut. 

“Saya turut berduka cita dan prihatin atas insiden ini. Karena tidak menyangka terjadi peristiwa seperti ini. Dari laporan yang saya dengar apalagi kapasitas stadion overload, penontonnya sampai 40 ribu lebih,” Kata Kusnadi. 

Tercatat, setidaknya sampai saat ini sudah 180 orang meninggal dunia, 18 korban belum teridentifikasi dan ratusan lainnya mengalami luka-luka. Seluruh korban sudah dievakuasi dan korban yang luka-luka sedang mendapat perawatan intensif di rumah sakit. 

Kusnadi mengaku, sesaat sebelum peristiwa naas ini terjadi, pihaknya tengah berada di Kota Batu. Setelah mendengar kabar tersebut, kemudian dia langsung menuju RS Kepanjen dan RS Wava Husada untuk meninjau para korban dan tiba pada Minggu (2/10) pukul 02.50 dini hari. 

“Awalnya saya pikir hoax, tapi setelah saya menghubungi Pak Kapolda ternyata benar dan saya langsung menuju rumah sakit,” tutur Kusnadi. 

Dalam kesempatan tersebut, Kusnadi tengah bersama dengan Wakil Bupati Kabupaten Malang Didik Gatot Subroto. 

“Saya sudah konfirmasi kepada Pak Kapolda, Pangdam V, Bupati dan Wabup Malang dan kami akan menanggung seluruh biaya pengobatan para korban dan menyediakan ambulance serta menyiapkan RS provinsi jika RS di sini tidak mencukupi,” jelasnya. 

Dia mengatakan bahwa telah berkoordinasi dengan jajaran forkopimda Jatim, Pemprov Jatim dan Pemkab setempat untuk segera menyelesaikan penanganan korban dan menindaklanjuti insiden yang memakan ratusan korban jiwa ini.

Namun, dia juga menegaskan bahwa DPRD Jatim tidak memiliki tupoksi dalam menyelesaikan kasus terlebih terkait segi keamanan atas kericuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan Malang tersebut.  

“Tentu kami akan bawa insiden ini ke DPRD Jatim. Terkait teknis surat rekomendasi (untuk PSSI) di Liga 1 selanjutnya itu kami akan bahas ke depannya. Tapi fokus kamisaat ini adalah proses penanganan korban terlebih dahulu,” paparnya. 

Dia berharap insiden serupa tidak terjadi kembali di laga sepak bola Indonesia selanjutnya. (Izzatun Najibah)

Baca Juga : 129 Orang Meninggal di Insiden Kanjuruhan Malang


- Sponsored Ad - Advertisement

Press ESC to close