logo
- Sponsored Ad - Advertisement

FOLKS! Menjadi Tema Indonesia Dramatic Reading Festival 2022

  • 24-11-2022

Indrajatim.com  – Yogyakarta: Memasuki tahun ke-13, “Indonesia Dramatic Reading Festival” (IDRF) 2022 atau festival pembacaan naskah lakon digelar kembali secara offline dengan mengusung tema “FOLKS!”, sebuah istilah multimakna untuk mendefinisikan suatu kelompok masyarakat yang hidup dan berdinamika dalam suatu motif kultural yang identik dan unik, yakni bahasa, adat, alat, seni, kisah, sejarah, dan lainnya.

IDRF adalah sebuah panggung kreatif sebagai upaya untuk menjaring naskah lakon Indonesia baru dan membumikannya ke ruang publik dengan pembacaan dramatik. Tahun 2022, IDRF memperkenalkan enam naskah lakon yang dikuratori oleh Ibed S Yuga dan Shinta Febriany. Diselenggarakan selama tiga hari berturut-turut tepatnya pada tanggal 25-27 November 2022, pelaksanaan IDRF tahun ini akan dilakukan secara hybrid, yakni melalui daring dan luring. Pada format daring, dapat mengakses kanal Youtube resmi IDRF, sedangkan bagi yang berkesempatan untuk bersua secara fisik, IDRF diadakan di IFI-LIP Yogyakarta.

Sebuah program menarik yang diselenggarakan oleh IDRF tersebut mendapatkan dukungan penuh oleh Dana Indonesiana, Kemendikbud, LPDP, IFI-LIP Yogyakarta, Teater Gardanalla, Teater Garasi/Garasi Performance Institute, Komunitas Sakatoya, dan Kalanari, serta berkolaborasi dengan ilustrasi visual yakni Wulang Suni dan Garuda Palaka.

Baca Juga : Cinta Dan Harapan Pada Kehidupan Tambak Bayan dalam Lukisan Pingky Ayako

Enam naskah lakon yang berhasil lolos kurasi IDRF 2022 antara lain: “Benang-Benang yang Memilih Jalannya” karya Nurul Inayah, “Pameran Diplomatik Bali dan Kenyataan-Kenyataan yang Diingkari” karya Wayan Sumahardika, “Sebuah Kabar dari Pelaminan” karya Udiarti, “Pararatoning Luh” kara Dyah Ayu Setyorini, “Absen” karya Ego Heriyanto, dan “A Flood on Java” karya Seno Joko Suyono. Selain itu, IDRF 2022 juga diramaikan dengan diskusi panel bersama kurator dan penulis naskah.

Adapun rangkaian acara dalam IDRF 2022 adalah sebagai berikut:

  • Jumat, 25 November 2022:
  1. 30-17.00:

Naskah lakon: “Sebuah Kabar dari Pelaminan” karya Udiarti

Pembaca: Bawayang

  1. 30-21.00:

Naskah lakon: “Pararatoning Luh” karya Dyah Ayu Setyorini

Pembaca: Tilik Sarira

  • Sabtu, 26 November 2022
  1. 00-12.00:

Panel Discussion: FOLKS!

Narasumber: Kurator dan Penulis Lakon IDRF 2022

  1. 30-17.00:

Naskah lakon: “Benang-Benang yang Memilih Jalannya” karya Nurul Inayah

Pembaca: Udeido Collective

  1. 30-21.00:

Naskah lakon: “Pameran Diplomatik Bali dan Kenyataan-Kenyataan yang Diingkari” karya Wayan Sumahardika

Pembaca: Piring Tirbing

  • Minggu, 27 November 2022
  1. 00-12.00:

Panel Discussion: “Masa Depan Naskah Lakon Indonesia”

Narasumber: Akbar Yumni dan Agnes Christina

  1. 30-17.00:

Naskah lakon: “Absen” karya Ego Haryanto

Pembaca: Blank_On_Collaboration

  1. 30-21.00:

Naskah lakon: “A Flood on Java” karya Seno Joko Suyono

Pembaca: Andy, Ari, Asita, Ficky

Acara ini merupakan upaya besar dari harapan tumbuhnya literasi Indonesia. Maka penting dalam banyak hal, saling mendukung upaya, termasuk upaya akan apresiasi karya. Untuk perkembangan informasi terkait pelaksanaan IDRF 2022, silakan berkunjung ke laman Instagram resmi IDRF @idrf.id. (Canty Nadya Putri)

Baca Juga : Pingky Ayako dan Karya Seni Kampung Tambak Bayan


- Sponsored Ad - Advertisement

Press ESC to close