logo
- Sponsored Ad - Advertisement

Udeng Pacul Gowang Khas Sidoarjo

  • 09-11-2022

Indrajatim.com – Sidoarjo: Udeng Pacul Gowang namanya, penutup kepala ikonik Kabupaten Sidoarjo ini memiliki keunikan model  di bagian belakang berupa dua lipatan yang tegak dan terdapat lubang menyerupai pacul gowang atau pacul yang berlubang.

Udeng Pacul Gowang bahkan telah resmi tercatat di Hak Kekayaan Intelektual Indonesia. selain itu, penutup kepala yang digagas oleh seniman tradisi Munali Patah itu, juga disahkan sebagai pelengkap seragam bagi pegawai daerah atau aparatur sipil negara (ASN) wilayah yang dijuluki Kota Delta tersebut.

Sehingga, upaya tersebut tidak hanya sebagai dukungan untuk mengangkat identitas budaya lokal Kabupaten Sidoarjo di tengah gempuran dunia digital, tetapi juga sebagai ikhtiar untuk roda perputaran ekonomi masyarakat dan menjadikannya sebagai pengembangan industri kreatif, karena mampu menghasilkan produk dalam jumlah besar dan bernilai tinggi.

Baca Juga : Kakawin Bharatayuddha

Tidak hanya mengutamakan orientasi ekonomi semata, Udeng Pacul Gowang yang merupakan warisan budaya Sidoarjo itu juga memiliki nilai kearifan tersendiri yang tersimpan dalam estetika bentuk.

Melansir hasil penelitian dari Ulfa Ni’mah yang bertajuk “Estetika Bentuk Udeng Model Pacul Gowang pada Tata Rias Pengantin Laki-Laki “Putri Jenggolo” Sidoarjo, ragam hias pada Udeng Pacul Gowang memuat nilai-nilai yang dibagi menjadi: wujud atau rupa, bobot atu unsur, dan penyajian.

Pada Udeng Pacul Gowang, motif batik Sidoarjo ialah bahan dasar utama pembuatan Udeng Pacul Gowang yang berupa ragam hias tumbuh-tumbuhan, geometris, dan dekoratif.

Tidak hanya itu, pada kain batik Sidarjo, warna juga memiliki arti simbolis yang berkaitan dengan budaya dan adat istiadat. Arti warna tersebut ialah, hijau melambangkan kesuburan dan kesegaran; merah melambangkan keberanian; hitam melambangkan kekokohan; ungu melambangkan kewibawaan; kuning  melambangkan kecerahan; dan biru  melambangkan kejujuran.

Unsur lain yang diwujudkan pada tiap bagian Udeng Pacul Gowang ialah bentuk dan makna yang tersimpan di dalamnya, antara lain: bentuk bucen runcing serupa gunung, unsur tersebut melambangkan seorang laki-laki yang teguh, cerdas, dan berilmu tinggi; bucen tumpul yang memiliki arti rendah hati; penutup kepala gowang merupakan simbol dari pemikiran yang terbuka; cungkup ujung dan cugkup pangkal sebagai pengingat kepada Yang Maha Kuasa; simpul udeng yang memiliki harapan untuk meraih kebaikan; penutup tengkuk mengartikan bahwa seorang laki-laki hendaknya menahan suatu lisan agar tidak menyinggung perasaan orang lain.

Sedangkan pada aspek penyajian, secara keseluruhan penampilan Udeng Pacul Gowang memuat nuansa khas Kabupaten Sidoarjo yang berjiwa tegas, berwibawa, tetapi tetap terkesan luwes. (Canty Nadya Putri)

Baca Juga : Wayang Urban, Wayang Generasi Muda


- Sponsored Ad - Advertisement

Press ESC to close